Sejarah berdirinya organisasi NU - Master SEO Indonesia

Master, Pakar Dan Ahli SEO Indonesia

Lapax Theme

Breaking

Bikin Web Dengan Sangat Mudah

hosting terbaik Hosting Unlimited Indonesia

Post Top Ad

hosting indonesia

Thursday, 31 August 2017

Sejarah berdirinya organisasi NU

Sejarah berdirinya organisasi NU


Berdirinya NU
NU

            Berdirinya sebuah organisasi (apapun bentuknya) dijaman penjajah, tentu saja memiliki kerangka filosofi dan latar belakang yang beragam. Keragaman filososfi dan latar belakang inilah yang kemudian membentuk karakteristik para pengurus dan anggotanya dalam kehidupan sosialnya.


            Ada organisasi yang dibentuk karena fenomena politik yang berkembang pada jamannya. Mereka membentuk sebuah perkumpulan, terdiri dari beberapa orang yang sevisi untuk memperjuangkan cita-cita politiknya, yakni sebuah kemerdekaan yang hakiki dari cengkraman bangsa penjajah. Kemerdekaan itu harus direbut dengan segala cara, sekalipun dengan konfrontasi senjata. Kemerdekaan diyakini sebagai entry point dari sebuah proses lanjutan berupa keadilan, kesejahteraan dan kemakmuran bagi bangsa yang merdeka tersebut.


            Ada juga organisasi yang lahir sebagai jawaban atas munculnya sebuah keadaan yang akan mendistrosi keyakinan(agama)tertentu, bagi komunitas masyarakat tertentu pula. Organisasi dengan ciri yang seperti ini, melakukan gerakan-gerakan yang bersifsat dinamis baik keluar maupun kedalam untuk sebuah tujuan eksistensi bagi kepercayaan(agama) yang diyakininya.


            Munculnya sebuah organisasi dijaman penjajahan juga ada yang disebabkan karena faktor keadilan, dimana ideology sebuah aliran agama tertentu terancam oleh sebuah gerakan yang massif dari kelompok ideology lainnya. Mereka bergabung dan membentuk sebuah organisasi, yang diyakini dapat membentengi dan menangkal masuknya paham-paham baru dalam komunitas masyarakat yang lebih besar.


            Tentu saja, selain faktor-faktor diatas, ada juga organisasi yang dibentuk karena sebab-sebab lainnya. Tetapi secara umum, organisasi yang berdiri di jaman penjajah lebih banyak yang menunjuk kepada ketiga faktor diatas. Dan organisasi yang dibentuk karena faktor politik, agama dan paham keagamaan adalah NU.


            Organisasi agama yang dipelopori para ulama pesantren ini mendedikasikannya kepada kemerdekaan Indonesia, dan meniscayakan bagi warga bangsa untuk bangkit semangat nasionalismenya dalam rangka melawan dan mengusir bangsa penjajah. Selain itu, NU didirikan sebagai bentuk perlawanan atas rencana penjajah yang akan melakukan “proses penyeragaman” agama didaerah jajahannya sesuai dengan agama yang dianut dinegara asalnya. Lahirnya NU juga bagian yang tak terpisahkan dari sebuah pertentangan faksi di tubuh umat Islam sendiri, dimana faksi itu menyebut dirinya sebagai yang paling benar dan paling Islam, yaitu gerakan yang mengatasnamakan pemurnian dan pembaharuan Islam(tajdid).


            Proses dialektika yang berekembang di kalangan ulama pesantren kala itu sudah cukup maju dan visioner, mengingat sejumlah catatan sejarah telah menggambaarkan fenomena kebangsaan, keagamaan dan paham keagamaan telah menjadi pemicu dalam berbagai tragedy kemanusiaan didunia. Keadaan ini harus dicegah, dan tidak boleh terjadi untuk masa-masa mendatang. Sebab yang namanya kemerdekaan dan keyakinan merupakan hak yang paling asasi bagi umat manusia dan dibenarkan oleh agama.


Sejarah berdirinya organisasi NU
KH. HASYIM ASY'ARY

Terimakasih telah membaca artikel Sejarah berdirinya organisasi NU.

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia