Pendakian gunung sumbing via garung 3371 mdpl 17 Agustus - Master SEO Indonesia

Master, Pakar Dan Ahli SEO Indonesia

Lapax Theme

Breaking

Bikin Web Dengan Sangat Mudah

hosting terbaik Hosting Unlimited Indonesia

Post Top Ad

hosting indonesia

Thursday, 31 August 2017

Pendakian gunung sumbing via garung 3371 mdpl 17 Agustus


Pendakian gunung sumbing via garung
Pendakian gunung sumbing via garung


Pendakian gunung sumbing via garung 3371 mdpl 17 Agustus. Dipulau jawa khususnya Jawa Tengah terdapat banyak wisata alam, mulai dari pantai, air terjun, hutan pinus, pulau-pulau. Semuanya mempunyai sensasi sendiri-sendiri ketika kita menjelajahinya. Salah satu wisata yang sangat indah, menantang dan banyak diminati oleh anak-anak pecinta alam yaitu WISATA GUNUNG, wisata gunung ini terkenal dengan istilah muncak atau mendaki.

            Terdapat beberapa gunung di Jawa Tengah, dari mulai gunung tertinggi yaitu gunung Slamet yang berada di Tegal Jawa Tengah, Gunung tertinggi kedua ada gunung sumbing Wonosobo, gunung merbabu magelang, gunung sindoro, gunung prau, gunung lawu. Dan masih banyak yang lainnya. Disini saya akan berbagi pengalaman muncak di Wisata Pendakian Gunung Sumbing Via Garung.

            Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3371 mdpl, dan mencatat rekor gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah, Gunung Sumbing bertempat di wonosobo dan magelang, berhadapan langsung dengan gunung kembarannya yaitu gunung Sindoro. Banyak para pendaki yang ingin menaklukkan gunung ini, karena treknya terkenal lumayan sulit dan membuat kaki para pendaki kelelahan. Namun kalian harus hati-hati ketika akan mendaki Gunung Sumbing, karena tidak sedikit orang yang bernasib tragis ketika ingin menaklukkan Gunung Sumbing tersebut, ada yang hilang, ada yang jatuh terpleset, ada yang meninggal karena kecapean. Jadi saran saya sebelum kalian mendaki Gunung Sumbing, kalian baca apa aja yang harus dipersiapkan sebelum mendaki.

            Untuk mencapai ke basecamp Gunung Sumbing Via Garung, jika anda dari arah semarang, kalian bias ambil arah ke magelang, namun setelah sampai dikopeng kalian ambil kearah tumenggung sampai keluar dan memasuki Kabupaten Wonosobo, saya tidak akan berbagi banyak mengenai jalur menujunya karena sudah ada GPS yang akan membawa anda untuk sampai ke bacecamp Garung Sumbing. Namun saya akan memberikan tips aman muncak digunung Sumbing, simak dan lakukan dengan baik dan benar ya:

1.                  Niat yang yakin
Niat ini sangat utama untuk bisa menaklukkan Gunung Sumbing, karena jika anda tidak yakin dan mantep hatinya, mending kalian puter arah balik. Yakinkan hati dan niat kita bahwa kita bisa melewati semua rintangan yang akan dating dan kita harus yakin bahwa kita kuat.

2.                  Persiapan fisik dan perbekalan logistic
Siapkan fisik dan perbekalan kalian mateng-mateng. Kalua bias sebelum mendaki Gunung Sumbing kalian biasakan lari pagi agar nanti ketika ditengah jalan kaki anda sudah terbiasa bergerak lama menahan cape. Ini beberapa hal penting yang wajib anda bawa:


  •        Tas Carriel
  •      Sepatu/Sandal Gunung
  •        Jaket yang bener-bener tebal dan rapat tidak tembus udara malam
  •        Sarung tangan yang tertutup
  •        Celana yang membuat anda nyaman ketika berjalalan naik turun
  •         Minum yang banyak, karena tidak ada sumber air sama sekali
  •        Makanan untuk menggajal perut dan mengisi tenaga
  •        Centre untuk perndakian diwaktu gelap
  •        Bendera untuk dipuncak
  •        Camera untuk selfie
  •        Masker untuk melindungi dari kabut dan debu
  •        Obat-obatan
  •      Dan tenda, kompor dll jika anda ingin ngecamp.
  •        Dan anda bias menambahkan yang sekiranya itu penting buat anda.

Lanjut kependakian, jika semua sudah siap, kalian bisa santai-santai dulu di basecampt Gunung Sumbing Garung sembari melihat dan memahami rute nya:

Pendakian gunung sumbing via garung
Rute jalur sumbing via garung

           Saran saya sih mending anda lakukan perjalanan mulai jam 3 sore agar ketika sampai diatas maghrib kemudian dilanjut ngecampt, ada beberapa pos, pos yang pertama anda akan menuju kepos Halim, dimana untuk menempuhnya dengan jalan kaki membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam. Jalur untuk kepos pertama yaitu daerah penduduk dan lahan-lahan penduduk. Ketika anda sudah sampai di pos selanjutnya, anda baru mulai pendakian ke dalam Gunung Sumbing, jaga fisik anda dan ingat aturan-aturan Gunung Sumbing, jangan sampai anda menganggap remeh karena bisa berakibat fatal.

            Untuk trek selanjutnya, anda akan disuguhkan trek tanah/pasir yang menanjak disebut engkol-engkolan, butuh tenaga extra untuk bisa sampai engkol-engkolan, kerjasama tim sangat diperlukan jika anda berkunjung ramai-ramai. Setelah sampai di engkol-engkolan, anda lanjut saja jalan sedikit sampai di pos pestan, karena disitu biasanya tempat untuk ngecamp sembari menunggu jam 3 malam untuk melanjutkan pendakian.

Pendakian gunung sumbing via garung
Ngecampt di pestan


            Selanjutnya anda jangan kaget, karena untuk bisa sampai di Pasar Setan dan Watu Kotak anda akan bertemu jalur bebatuan yang sangat terjal, kalian harus berhati-hati jangan sampai hilang konsentrasi. Nikmati saja perjalanan sampai akhirnya rasa cape anda terbayar ketika sampai dipuncak. Terdapat puncak buntu dan puncak rajawali, anda bisa memilih mau kesebelah mana, soalnya sama-sama bagus.

            Sekian pengalaman dari saya mengenai Pendakian gunung sumbing via garung 3371 mdpl 17 Agustus bagi anda yang ingin melakukan pendakian, selamat menikmati dan semoga selamat berangkat maupun pulang.


Pendakian gunung sumbing via garung
puncak sumbing



Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia