Pengertian Cisco IOS lengkap - Master SEO Indonesia

Master, Pakar Dan Ahli SEO Indonesia

Lapax Theme

Breaking

Bikin Web Dengan Sangat Mudah

hosting terbaik Hosting Unlimited Indonesia

Post Top Ad

hosting indonesia

Thursday, 31 August 2017

Pengertian Cisco IOS lengkap

Pengertian Cisco IOS
Cisco IOS


                 Selamat datang, disini saya akan berbagi pengetahuan bersama tentang ilmu komputer yang biasa kita temukan di pelajaran jaringan komputer, simak baik-baik penjelasan berikut ini:


            Cisco IOS (Internetworking Operasi System) adalah nama system operasi yang digunakan pada perangkat router dan switch buatan Cisco. IOS merupakan system operasi Multitasking yang menyediakan fungsi-fungsi routing , switching, Internetworking dan telekomunikasi. Cisco IOS menyediakan command line interface (CLI) dan sekumpulan perintah standar.


            Perangkat router original (awal) yang diproduksi Cisco masih belum memiliki CLI. Jadi, program atau file konfigurasi harus disiapkan dulu dikomputer dan kemudian ditransfer keperangkat Cisco via TFTP (Trivial File Transfer Protocol).


            Kurt Lougheed, salah seorang pendiri Cisco Systems, melakukan riset untuk meningkatkan kemampuan perangkat Cisco. Hasilnya adalah CLI generasi pertama yang digunakan pada router Cisco. Saat itu, filtur-filtur yang disediakan masih terbatas dan semua perintah harus diketikkan terlebih dahulu sebelum diproses. Setelah menekan tombol (CTR+Z) barulah perintah-perintah yang udah diketikkan dapat diproses. Jika terjadi error maka semua perintah harus diketikkan kembali dari awal. Cukup merepotkan!


baca juga: pengertian Cisco


            Di awal tahun 1990, Greg Satz dan Terry ditugaskan untuk menyempurnakan CLI. Setelah lebih dari 18 bulan, mengalami pergantian tim dan penyempurnaan disana-sini, maka keluarlah CLI terbaru yang diberi nomor versi 9.21. inilah Cisco CLI yang menjadi cikal-bakal kemunculan Cisco IOS.


         Sebagian besar pengguna computer, khusunya pengguna system operasi grafis (Windows, Macinthosh, dan sejenisnya) mungkin akan mengalami kesulitan saat pertama kali menggunakan CLI. Cisco CLI terkesan primitif dan agak berbelit-belit. Hal ini akan sangat dirasakan oleh merekayang biasa “dimanjakan” fasilitas grafis.


            Pengguna Linux/Unix mungkin akan lebih mudah beradaotasi karena ada kemiripan konsep antara Cisco CLI dengan perintah-perintah Linux/Unix OS. Malah banyak pengguna Linux/Unix yang menganggap Cisco CLI lebih sederhana dan lebih mudah digunakan dibandingkan Unix CLI.


            Kita tidak akan selalu mempersoalkan latar belakang pengguna. Karena pada dasarnya semua pengguna computer akan mempelajari CLI.


Pengertian Cisco IOS
Cisco 

Pengertian Cisco IOS
Cisco IOS
            Mungkin para pembaca mempunyai tambahan yang bisa share bersama agar pengetahuan kalian bisa bermanfaat untuk orang lain, khususnya untuk orang-orang yang ingin belajar lebih dalam mengenai pengetahuan dunia informatika.

Terimakasih telah membaca artikel Pengertian Cisco IOS lengkap


Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia