Pengertian Lengkap As-sunnah Secara Bahasa dan Istilah - Master SEO Indonesia

Master, Pakar Dan Ahli SEO Indonesia

Lapax Theme

Breaking

Bikin Web Dengan Sangat Mudah

hosting terbaik Hosting Unlimited Indonesia

Post Top Ad

hosting indonesia

Sunday, 17 September 2017

Pengertian Lengkap As-sunnah Secara Bahasa dan Istilah

Pengertian Lengkap As-sunnah Secara Bahasa dan Istilah

            As-sunnah menurut makna Bahasa adalah jalan atau jalan kehidupan seseorang baik terpuji maupun tercela. Sedangkan As-sunnah menurut Istilah ahli ushul yaitu:

مَا صَدَرَ عَنِ النَّبِىُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ غَيْرَالْقُرْاَنِ.
“ As-sunnah ialah segala yang disandarkan kepada Nabi Muhammad Saw, selain al-Qur’an”


            Hal ini mencakup ucapan Nabi Muhammad Saw, perbuatan, ketetapan, tulisan, petunjuk, cita-cita dan semua yang beliau tinggalkan. Jadi apapun yang diucapkan, dilakukan oleh nabi, itu dinamakan sunnah, dan kita dianjurkan untuk melaksanakannya, namun jika tidak ya tidak apa-apa, namun saran saya, anda jalani Sunnaturrrosul agar hidup anda semakin terarah dengan petunjuk-petunjuk Rasuullah dari Allah Swt. Karena sesungguhnya Allah itu menyukai hambanya yang terus mau mempelajari ilmu agamanya. Keterkaitan As-sunnah dengan al-Qur’an terdapat tiga macam:


a.     Sunnah Muakkadah, yaitu sunnah yang memberi penguatan apa yang diterangkan dalam al-Qur’an. Seperti wajibnya shalat, puasa, zakat dan sebagainya.
b.    Sunnah Mubayyinah atau Mufassirah, Artinya sebagai penjelas dari apa yang ada dalam al-Qur’an, sehingga menjadi jelas keterangannya kepada umatnya. Imam Syafi’i mengatakan; Sunnah Mubayyinah ialah apa yang ditetapkan di dalam al-Qur’an, kemudian dijelaskan atau di uraikan oleh Nabi melalui sabda-sabdanya. Misalnya jumlah raka’at shalat, zakat, dan kapan waktu mengeluarkannya.
c.  Sunnah Istiqlaliyah atau Zaidah, artinya hadits yang berfungsi memberi tambahan ketentuan yang ada dalam al-Qur’an.


Untuk melengkapi keterangan akan pentingnya hadits atau as-sunnah maka harus mempelajari ilmu mushthalahul hadits asbabul wurud (sebab-sebab adanya sebuah hadits). Dengan ilmu-ilmu ini akan diketahui mana hadits yang shahih (kuat) dan mana hadits yang dha’if (lemah). Demikian juga mampu membedakan mana hadits yang targhib, dan mana hadits yang terhib. Di dalam ilmu di atas, kita semua bisa lebih mendalam mengetahui tentang hadits atau ass-sunnah. Agar terhindar dari salah penafsiran, anda harus benar-benar paham dengan isi dan maksudnya, agar tidak menimbulkan perpecahan sesama umat muslim terutama di Indonesia ini.


Itulah pengertian lengkap As-sunnah secara Bahasa dan istilah, semoga anda menambah wawasan dan semoga artikel saya bermanfaat. Jika anda kurang paham, anda bisa menanyakan langsung via email di bawah ini. Terimakasih telah memahami Pengertian Lengkap As-sunnah secara Bahasa dan istilah.


No comments:

Post a Comment

Dilarang menaruh link aktif, berikan komentar dengan baik dan bijak agar saya tidak segan-segan mengunjungi situs anda, salam blogger INDONESIA

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia