Pengertian Perangkat Lunak Lengkap - Master SEO Indonesia

Master, Pakar Dan Ahli SEO Indonesia

Lapax Theme

Breaking

Bikin Web Dengan Sangat Mudah

hosting terbaik Hosting Unlimited Indonesia

Post Top Ad

hosting indonesia

Saturday, 23 September 2017

Pengertian Perangkat Lunak Lengkap

Pengertian Perangkat Lunak Lengkap

Pengertian Perangkat Lunak Lengkap
Perangkat Lunak (Software)

            Kembali lagi Bersama share Information, kali ini saya akan berbagi mengenai pengertian Perangkat Lunak atau biasa disebut dengan Software, bagi anda yang ingin terjun kedunia informatika atau teknologi computer, kalian wajib tahu apa arti dari software, agar untuk belajar selanjutnya anda sudah bisa mengerti dan tinggal mengembangkan definisi-definisi yang akan anda baca dibawah ini.


            Perangkat Lunak(Software) adalah program computer yang terasosiasi dengan dokumentasi perangkat lunak seperti dokumentasi kebutuhan, model desain, dan cara penggunaan (user manual). Sebuah program computer tanpa terasosiasi dengan dokumentasinya maka belum dapat disebut perangkat lunak (software). Sebuah perangkat lunak juga sering disebut dengan system perangkat lunak. System berarti kumpulan komponen yang saling terkait dan mempunyai tujuan yang ingin dicapai.


            System perangkat lunak berarti sebuah system yang memiliki komponen berupa perangkat lunak yang memiliki hubungan satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan (customer). Pelanggan (costumer) adalah orang atau organisasi yang memesan atau membeli perangkat lunak (software) dari pengembang perangkat lunak atau bisa di angggap bahwa pelanggan (costumer) adalah orang atau organisasi yang dengan suka rela mengeluarkan uang untuk memesan atau membeli perangkat lunak. User atau pemakai perangkat lunak adalah orang yang memiliki kepentingan untuk memakai atau menggunakan perangkat lunak  untuk memudahkan pekerjaannya.


            Karakter perangkat lunak adalah sebagai berikut:

ð Perangkat lunak dibangun dengan rekayasa (software engineering) bukan diproduksi secara manufakur atau pabrikan
ð Perangkat lunak tidak pernah using (“wear out”) karena kecacatan dalam Perangkat lunak  dapat diperbaiki.
ð Barang produksi pabrikan biasanya komponen barunya akan terus diproduksi seiring bertambahnya kebutuhan.

Aplikasi dari Perangkat lunak adalah sebagai berikut:


ð Perangkat lunak system (system software) : adalah kumpulan program yang satu ditulis untuk memenuhi kebutuhan program lainnya.

ð Perangkat lunak waktu nyata (real-time software): merupakan perangkat lunak yang memonitor, menganalisis, mengontrol sesuatu secara waktu nyata (real-time). Reaksi yang dibutuhkan pada Perangkat lunak harus langsung menghasilkan respon yang diinginkan.

ð Perangkat lunak bisnis (bussines software): merupakan Perangkat lunak pengelola informasi bisnis (seperti akuntasi, penjualan, pembayaran, penyimpanan (inventory).

ð Perangkat lunak untuk keperluan rekayasa dan keilmuan (engineering and scientific software): merupakan Perangkat lunak yang mengimplementasikan algoritma yang terkait dengan keilmuan ataupun perangkat lunak yang membantu keilmuan, misalkan perangkat lunak di bisang astronomi, di bidang matematika dan lain sebagainya.

ð Perangkat lunak tambahan untuk membantu mengerjakan suatu fungsi dari perangkat lunak yang lainnya (embeded software) misalnya Perangkat lunak untuk mencetak dokumen ditambahkan agar Perangkat lunak yang memerlukan dapat mencetak laporan, maka Perangkat lunak untuk mencetak dokumen ini disebut embeded software.

ð Perangkat lunak computer personal (personal computer software): merupakan Perangkat lunak untuk PC misalnya Perangkat lunak pemroses teks. Pemroses grafik dan lain sebagainya.

ð Perangkat lunak berbasis Web (web based software): merupakan Perangkat lunak yang dapat di akses dengan menggunakan browser.

ð Perangkat lunak berinteljensia buatan (artificial intelligence software): merupakan Perangkat lunak yang menggunakan algoritma tertentu untuk mengolah data sehingga seakan-akan memiliki intelljensia seiring bertambahnya data di proses.

Perangkat lunak yang dibuat oleh pengembang (developer) Perangkat lunak terdiri dari dua jenis:


1.      Produk Generik

Produk Perangkat lunak yang dibuat oleh pengembang Perangkat lunak untuk dijual atau di populerkan (open source) tanpa ada yang memesan terlebih dahulu, Perangkat lunak yang termasuk dalam produk generic misalnya perangkat lunak system operasi, Perangkat lunak pendkung perkantoran untuk membuat dokumen, slide presentasi, atau perhitungan dalam bentuk papersheet dan lain sebagainya.

2.      Produk Pemesanan

Produk Perangkat lunak yang dibuat karena ada pelanggan yang melakukan pemesanan, misalnya sebuah instansi memerlukan Perangkat lunak untuk memenuhi proses bisnis yang terjadi di instansinya, maka instansi itu akan bekerja sama dengan pengembang untuk membuat perangkat lunak yang di inginkan.


            Itulah penjelasan mengenai Perangkat lunak, Karakter Perangkat lunak, semoga bermanfaat untuk semua.

            

No comments:

Post a Comment

Dilarang menaruh link aktif, berikan komentar dengan baik dan bijak agar saya tidak segan-segan mengunjungi situs anda, salam blogger INDONESIA

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia