Pentingnya akhlak Untuk Kehidupan - Master SEO Indonesia

Master, Pakar Dan Ahli SEO Indonesia

Lapax Theme

Breaking

Bikin Web Dengan Sangat Mudah

hosting terbaik Hosting Unlimited Indonesia

Post Top Ad

hosting indonesia

Thursday, 14 September 2017

Pentingnya akhlak Untuk Kehidupan


Pentingnya akhlak Untuk Kehidupan
Akhlak terpuji



            Dalam sebuah kehidupan yang fana ini, telah banyak manusia-manusia yang lupa akan bagaimana Pentingnya akhlak Untuk Kehidupan sehari-harinya, mereka lebih mengutamakan egoisnya, emosinya, dibandingkan dengan mengontrol akhlaknya.


            Akhlak yaitu suatu sikap yang menunjukkan kepribadian kita, adapun yang akan saya bahas disini yaitu akhlak yang mulia bukanlah akhlak yang tidak terpuji. Jadi setiap manusia yang hidup di dunia ini, pasti mempunyai akhlak masing-masing, ada yang memiliki akhlak terpuji dan adapula yang memiliki akhlak tercela. Pentingnya memiliki akhlak terpuji dalam menjalani hidup ini yaitu agar hidup kita menjadi tenang, aman, tentram ketika berada dilingkungan sekitar, Karena masyarakat disekitar kitapun jika kita memiliki akhlak yang baik, maka mereka akan menyukai kita. Karena itu mulailah dari sekarang menata dan memperbaiki akhlak kalian demi kenyamanan hidup kalian sendiri.


            Jangan pernah sekali-sekali mengulangi perbuatan yang tidak terpuji, Karena dari mencoba itu akan menghasilkan suatu rasa ingin terus menerus mencoba, namun jika sebaliknya, anda berusaha mencoba sesuatu yang baik, yang tidak dilarang oleh agama, oleh hokum negara maka sangat di anjurkan Karena termasuk tholabul ‘ilmi (menuntut Ilmu), untuk memperbaiki kehidupan yang dulunya buruk menjadi lebih baik. Tahan dan lawan cobaan yang mengganggu anda untuk berubah menjadi orang baik, Karena menjadi orang baik itu memang sangat susah. Pakailah rasa sabar anda, istiqomah (terus menerus) dalam mempertahankan perubahan yang sedang kalian niati, dengan berjalannya waktu anda akan bisa merasakan bagaimana nyamannya menjalani hidup dengan akhlakul karimah (akhlak yang terpuji). Ada sebuah hadits yang menunjukkan pentingnya sebuah akhlak untuk menjalani kehidupan didunia ini:

اَفْضَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ اِيْمَانًا اَحَا سَنُهُمْ اَخْلَاقًا اْلمُوَ طًّئُوْنَ اَكْنَافًا لَمْ يَبْلُغْ عَبْدٌ حَقِيْقَةَ الْاِيْمَانِ حَتًّى يُحِبُّ لَلنَّاسِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ وَ حَتَّى يَأْ مَنَ جَارُهُ بَوَ ئِقَةٌ.

“Orang Mukmin yang paling utama keimanannya adalah yang paling luhur akhlak mereka, yang merata (dalam memberikan) pertolongannya. Tiadalah seseorang mencapai hakikat iman kecuali dia mencintai manusia seperti dia mencintai dirinya sendiri dan sehingga aman tetangganya dari kejahatan (peranagai)nya.”
(HR. Ibnu Asakir dari Ibnu Umar ra. Didalam sanadnya terdapat Kaustar bin Hakim yang dinilai matruk, tetapi hadits ini ada syawahid (saksi-saksi) dari hadits lainnya, yang menyebabkan derajatnya mencapai tingkat hadits hasan).


            Asbabul Wurudhadits diatas adalah bahwa Ibnu Umar ra, menyampaikan kepada sabda Rasulullah SAW kepada Abdullah bin Mas’ud, “Hai, putra Ummu Abidin, tahukah engkau siapa orang mukmin yang paling utama? Dia menjawab, Allah dan Rasulnya yang lebih mengetahui! Beliau bersabda, “Orang Mukmin yang paling utama keimanannya adalah yang paling luhur akhlak mereka, yang merata (dalam memberikan) pertolongannya. Tiadalah seseorang mencapai hakikat iman kecuali dia mencintai manusia seperti dia mencintai dirinya sendiri dan sehingga aman tetangganya dari kejahatan (peranagai) nya.”



            Dari keterangan hadits diatas, kita bisa menyimpulkan betapa utamanya suatu akhlak untuk hidup kita, Karena Rasulullah Saw pun memberitahukan kita agar mempunyai akhlak yang yang mulia sebagai orang mukmin, memberikan pertolongan kepada orang yang membutuhkan kita, semua itu bisa kita resapi dan renungi dengan hati-hati, dan mulailah untuk menerapkan Sunnaturrosul dalam setiap hari-hari yang kita lewati, agar kita bisa tergolong orang-orang yang beruntung dan selamat Karena mengikuti ajaran Allah melalui perantara Rasulullah Saw. Jangan pernah merasa bahwa diri kita ini paling benar, cobalah mempunyai rasa bahwa diri kita ini hanyalah makhluk yang lemah jika tidak bisa ikut dengan ajaran-ajaran Rasulullah dan para sahabat-sahabatnya.





No comments:

Post a Comment

Dilarang menaruh link aktif, berikan komentar dengan baik dan bijak agar saya tidak segan-segan mengunjungi situs anda, salam blogger INDONESIA

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia