Cara Merubah Pengaturan Blog Menjadi SEO Friendly - Master SEO Indonesia

Master, Pakar Dan Ahli SEO Indonesia

Lapax Theme

Breaking

Bikin Web Dengan Sangat Mudah

hosting terbaik Hosting Unlimited Indonesia

Post Top Ad

hosting indonesia

Wednesday, 8 November 2017

Cara Merubah Pengaturan Blog Menjadi SEO Friendly

Cara Merubah Pengaturan Blog Menjadi SEO Friendly

Cara Merubah Pengaturan Blog Menjadi SEO Friendly
Cara Merubah Pengaturan Blog Menjadi SEO Friendly

Cara Merubah Pengaturan Blog Menjadi SEO Friendly, Dipostingan kali ini saya akan berbagi trick bagaimana caranya agar blog kita bisa SEO Firendly pada google, bing, atau pun yahoo. Banyak para blogger newbie yang ingin artikel nya SEO tapi dia hanya menanya-nanya di group tanpa ada usaha mencari nya hingga ke akar-akarnya, artikel ini saya pos khusus untuk anda yang ingin mengoptimalkan pengaturan di dalam sebuah blog agar menjadi lebih SEO dalam mesin pencari. Sebelum melanjutkan pembahasan, ada baiknya jika anda belum paham mengerti arti SEO anda bisa keliling di blog saya, sudah banyak artikel yang saya post mengenai Ilmu SEO sederhana. Saya bukan apa-apa dan siapa-siapa, bukan mastah apalagi ahli dalam bidang SEO, saya hanya ingin menjadikan ilmu saya bermanfaat untuk anda yang sedang mencari nya :).

Tampilan Blog SEO? mungkin ada yang bertanya-tanya, seperti apa sih mengatur tampilan blog agar bisa SEO? nah jawabannya ada dipostingan ini kawan, jika membahas tampilan, maka yang di urus yaitu halaman blog anda, namun saya hanya akan membagikan trick di post ini mengatur pengaturan di dalam temlplate dan blogger anda semua. Disini saya tidak menggunakan Template Default blogger, saya menggunakan template Sora Template, jika anda ingin mempunyai template yang sama seperti saya, silahkan cari sendiri yang free saja, nanti bisa kita optimalkan pengaturan di dalamnya.

Langsung saja inilah cara dan tahap-tahapan membuat pengaturan di blogger dan template menjadi lebih SEO.

1. Silahkan masuk ke blogger anda, kemudian pilih setting / pengaturan, kemudian pilih dasar, maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini
Cara Merubah Pengaturan Blog Menjadi SEO Friendly
Mengatur judul blog dan deskripsi blog dengan isi artikel anda
Rubahlah judul blog yang bener-bener sesuai dengan isi konten anda, misalkan saya mempunyai blog jualan "Rebana jepara" maka ya judulnya harus bersangkutan seperti "Pengrajin Rebana Jepara", setelah anda merubah judul blog, lanjut ke bawahnya, yaitu merubah deskripsi blog, ini tindakan atau keterangan lebih lanjut dari judul diatas, misalkan saya buat judul "Pengrajin hadroh jepara" saya isikan deskripsi nya "Pusat pemesanan rebana hadroh jepara lengkap berkualitas", anda tinggal menyesuaikan dengan blog anda masing-masing, ini bertujuan agar kita memberi tahu Google bahwa isi artikel di dalam blog kita itu berisi sesuai / relevan dengan judul yang sudah kita targetkan.

2. Klik bahasa dan pemformatan

Rubah bahasa sesuai dengan gambar di bawah ini, jika memang blog anda ingin mempunyai hubungan mesra dengan Google adsens, jika tidak, anda tidak perlu merubah bahasa disini. next cara ketiga.

Cara Merubah Pengaturan Blog Menjadi SEO Friendly
Merubah bahasa menjadi Inggris kingdom
3. Pergi ke bawahnya klik Preferensi Penelusuran

Nah di tahap ketiga ini, anda akan disajikan untuk mengisi Tag Meta Deskripsi, isilah Deskripsi lengkap mengenai konten blog anda dengan relevan. kebanyakan para newbie menghiraukan hal ini, bahkan masih banyak yang masih bingung, oleh karena itu ketika anda membaca artikel ini, mulailah merubah nya agar blog anda lebih SEO. 

Cara Merubah Pengaturan Blog Menjadi SEO Friendly
Rubah tag meta dan aktifkan robot.txt
Setelah mengisi tag meta deskripsi, saatnya anda mengaktifkan Robot.tzt khusus dan Tajuk robot khusus blog anda, ini berfungsi agar mesin pencari bisa merayapi artikel-artikel yang anda posting dengan baik, dan jika mesin pencari tidak menemukan kesalahan dalam artikel anda, maka otomatis artikel anda bisa relevan dimata mesin pencari Google.

4. Klik Tema dan pilih Edit Html

Nah setelah kita mengoptimasi pengaturan blog diatas, kini saatnya kita lari ke template kita atau kita optimasi kode html yang ada di template blog. Biasanya, ketika orang mengsustom template, dia banyak yang tidak memaksimalkan pengaturan di dalam template nya, oleh karena itu artikel-artikelnya susah untuk bisa merangkak naik di google. Disini saya akan bagikan tricknya dan terbilang tidak aka ribet untuk pemula. 

Cari di pencarian kode ini <meta content= dengan cara tekan ctrl+f, maka akan keluar kolom pencarian, anda tinggal mencari kode seperti diatas. kurang lebih tampilannya seperti ini


Cara Merubah Pengaturan Blog Menjadi SEO Friendly
Merubah settingan kode html

Kolom yang saya beri kotak panjang hitam pertama, isikan judul konten blog anda, dan kolom persegi yang kedua isikan keywords atau kata kunci blog anda, misalkan anda mempunyai blog download template, maka keywordsnya bisa diisi yang berhubungan dengan blog download template, anda bisa simak baik-baik kode html diatas. 

Catatan: Setiap template berbeda-beda namun jika anda mendownload template pasti ada meta content dan meta deskripsi untuk keywords. jika tidak ada, anda bisa menambahkan nya sendiri. 


Itulah trick dari saya mengenai Cara Merubah Pengaturan Blog Menjadi SEO Friendly, semoga dapat bermanfaat. jika ada yang kurang jelas atau tidak paham silahkan komentar dibawah ini dengan bijak dan sopan. 

Jika anda ingin belajar SEO gratis lengkap, silahkan kunjungi Belajar SEO Gratis lengkap mudah dipahami oleh pemula.







No comments:

Post a Comment

Dilarang menaruh link aktif, berikan komentar dengan baik dan bijak agar saya tidak segan-segan mengunjungi situs anda, salam blogger INDONESIA

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia