Belajar SEO | Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly di Blogger - Master SEO Indonesia

Master, Pakar Dan Ahli SEO Indonesia

Lapax Theme

Breaking

Bikin Web Dengan Sangat Mudah

hosting terbaik Hosting Unlimited Indonesia

Post Top Ad

hosting indonesia

Monday, 18 December 2017

Belajar SEO | Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly di Blogger

Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly di Blogger

Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly
Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly
Bagaimana Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly di Blogger?? kasusnya sering ditanyakan sama blogger pemula, biasanya para blogger pemula masih pada bingung, bagaimana cara menulis artikel berkualitas di blogger ataupun wordpress. sebenarnya jawabannya simple jika kita bisa memahami teknik-teknik SEO dengan baik dan benar. pembahasan ini salah satu share dari saya melanjutkan pembahasan kemarin yaitu 2 Hal Penting dalam SEO dan Cara Riset Keywords. jadi jika anda belum membaca artikel saya sebelumnya, silahkan baca terlebih dahulu agar dipembahasan kali ini anda tidak kebingungan dalam menerapkannya, karena materi demi materi SEO saya paparkan satu demi satu untuk kalian yang memang ingin belajar tentang Optimasi SEO dalam sebuah Blog ataupun Website. 


Dalam menulis artikel itu dibutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam menyusun kata perkata agar bisa dibaca dan dipahami dengan baik oleh calon pengunjung situs kita, jadi pastikan jika anda menulis artikel tidak asal-asalan apalagi sampai copy paste, itu tandanya anda bukan seorang blogger sejati yang tidak bisa menghargai karya orang lain. Biasakan menulis dan menciptakan karya sendiri walaupun itu hasilnya masih tidak langsung sempurna, karena apa ? karena dalam tahap belajar, pasti membutuhkan proses yang tidak sebentar alias butuh waktu yang cukup lama dan butuh kesabaran exstra untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 


Dulu ketika saya masih pemula dalam urusan blog dan website, saya juga bingung dari mana saya bisa menulis seperti para blogger-blogger lain yang tulisannya sudah lumayan oke dan bisa memahamkan banyak orang yang membaca tulisannya, namun dengan usaha serius dan latihan sedikit demi sedikit dalam menjalani seni menulis,alhamdulillah sampai sekarang saya juga sudah terbiasa menulis dan membuat share-share yang semoga saja dapat bermanfaat untuk anda semua. 


Apakah anda menggunakan CMS Blogger atau Wordpress ?? di share saya kali ini, semua cms bisa diterapkan dengan teknik menulis dan optimasi artikel SEO dari saya ini, karena sifat dari menulis adalah umu, perbedaannya mungkin tempat kita menulis dan tools yang diberikan setiap CMS saja yang berbeda sedikit, pada intinya untuk bisa membuat tulisan artikel yang SEO Friendly yaitu dengan melakukan optimasi seo on page dengan baik dan akurat. 


Baiklah agar tidak berlama-lama, mari kita kupas materi Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly di Blogger dengan se detail mungkin agar anda bisa menerapkannya pada situs anda masing-masing. 



1. Masuk ke akun blog anda menggunakan email yang sudah anda daftarkan, jika anda belum mempunyai blog, silahkan baca paduan Membuat Blog Praktis dan Professional yang sudah saya buat di pembahasan pertama. 

2.  Klik pada Entri baru untuk membuat postingan, anda akan disuguhkan dengan halaman awal sebagai sarana anda membuat artikel. 

Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly
Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly

3. Sebelum menulis, saya sudah pastikan kalau anda sudah riset keywords yang anda target ya, disini saya akan berikan contoh dengan keywords utama " Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly", saya praktekkan menggunakan keywords jenis LTK atau long thail keywords (keywords panjang). 



4. Setelah anda mempunyai keywords utama anda, saatnya anda mulai eksekusi Optimasi SEO On Page dimulai dari Judul / Tittle dengan menyisipkan keywords utama tadi pada tittle dan menambahkan kata pemanis atau penarik pengunjung agar mengklik artikel yang anda buat, saya contohkan keywords utama saya " Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly" saya buat judul dengan "Belajar SEO |  Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly di Blogger", tidak terlalu manis ya judulnya, hehe .. tapi tak masalah ini sebagai penerapan saja agar anda bisa memahami sedikit demi sedikit, bisa anda lihat gambarnya dibawah ini:


Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly
Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly

5. Buat Artikel Yang Panjang dan Berkelas

Jika anda sudah selesai membuat judul postingan, melanjutkan pembahasan Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly ini, kini saatnya anda membuat artikel yang panjang namun harus berkelas, maksudnya gimana ??? buatlah artikel di atas 300 kata, udah minimal 300 kata saja deh. tujuannya agar artikel yang anda buat lebih bisa dekat dengan mesin pencari, karena google lebih suka orang yang membuat banyak pembahasan dan lebih dinilai bahwa artikelnya itu baik dan websitenya terurus. 

Untuk cara yang kelima ini sering dikatakan bahwa untuk bisa membuat artikel kita SEO di mesin pencarian, maka kita wajib membuat artikel relevan atau berkelas sesuai dengan topik yang kita bahas, jangan sampai judul kita apa terus isinya apa, buatlah serelevan mungkin untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung anda.

6. Trick Dari Saya

Untuk Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly yang enam, praktekkan cara ini jika anda ingin mengikuti cara saya, sisipkan kata kunci utama disetiap pragraf yang anda buat pada artikel anda. Contohnya anda bisa perhatikan baik-baik, bahwa disetiap paragraf artikel yang saya buat, saya berikan kata kunci utama saya yaitu Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly. Namun anda juga harus bisa menyusunnya dengan sebaik mungkin agar tetap enak ketika dibaca. 

7. Keywords Utama Pada Paragraf Pertama dan Terakhir

Untuk cara Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly yang ketujuh ini, jangan lupa berikan paragraf pertama dengan minimal 100 kata dan anda sisipkan keywords utama anda tersebut. Begitupun dengan paragraf terakhir anda. Karena hal ini sangat bagus untuk SEO Artikel anda dimesin pencari. 

8. Buat Internal Link dan External Link

Nah Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly yang ke 8 ini yang biasanya salah paham dan salah dalam menerapkannya. Sesuai pengalaman saya, saya akan bagikan cara membuat internal dan external link dalam mengoptimasi artikel SEO Frienly pada blogspot. Cara inipun masih saya terapkan sampai sekarang dalam penggunaannya. Baiklah begini om caranya .

a. Buatlah Permalink yang mengandung keywords utama anda, seperti yang saya biasa lakukan, buatlah internal link yang mengarah pada artikel anda sebanyak 2 link, dan 3 link mengarah keluar artikel atau home, caranya bisa anda lihat contohnya pada gambar dibawah ini:

Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly
Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly
Buatlah alamat situs atau permalink sesuai keywords utama anda, seperti contoh diatas saya fokus keywords "Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly" maka alamat situs saya bisa anda lihat seperti diatas, sesuaikan dengan fokus keywords anda ya. Jika sudah selesai copy alamat situs tersebut dan lanjut ke tahap kedua.


b. Buat Internal Link Pada Tittle Keywords

Melanjutkan cara diatas, kini anda harus membuat internal link yang mengarah kembali pada artikel yang anda buat, untuk caranya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini:

Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly
Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly
- Block judul artikel anda, kemudian klik Link yang berada pada toolbar, setelah itu akan muncul tampilan seperti diatas.
- Pastekan permalink atau alamat situs yang sudah anda buat tadi pada Web address dan jangan lupa ceklis "Add 'rell=nofollow' attributs" yang sudah saya beri tanda bulat merah seperti gambar diatas, dan klik ok jika sudah selesai. 

c. Buat Internal Link pada Gambar dan lengkap atribut gambar

Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly yang ini yaitu dengan membuat internal link yang mengarah kehalaman depan kita dan melengkapi attribut gambar pada gambar yang kita sisipkan, caranya bagaimana ? langsung saja lihat contohnya dibawah ini om:

Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly
Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly

- Klik gambar, klik link dan ,masukkan link situs anda, kemudian oke dan lanjut klik gambar pilih properties dan masukkan keywords fokus anda.

Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly
Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly
-Setelah itu, lanjut klik gambar, pilih add caption dan masukkan keterangan gambar

Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly
Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly
Dengan begitu attribut gambar anda sudah lengkap dan bisa lanjut ketahap berikutnya.


d. Buat Internal Link Pada Paragraf Pertama 

Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly berikutnya yaitu membuat internal link pada paragraf pertama artikel anda, pertama anda harus membuat anchor text yang relevan dengan judul artikel anda terlebih dahulu, anda bisa membuatnya dengan keywords fokus anda, caranya bisa anda lihat seperti gambar dan keterangan dibawah ini:

Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly
Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly

- Blok keyword fokus anda, kemudian miringkan sebagai tanda bahwa kalimat itu terdapat linknya, jika sudah, jangan lepaskan blok anda, lanjut klik link dan pastekan kembali url situs utama tadi dan klik ok jika sudah selesai.

Kita sudah membuat 2 internal link yang mengarah kembali kepostingan yang sudah kita buat, kini saatnya kita eksekusi dengan membuat internal link yang mengarah ke home atau halaman depan.

e. Buat internal link pada Subheading atau Pertengahan artikel

Meneruskan pembahasan diatas, untuk Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly yang ke empat dari membuat internal link yaitu membuat link yang apabila di klik mengarah ke halaman depan situs kita, caranya gampang dan sama seperti hal diatas, yaitu anda copy domain situs anda misal domain situs saya "www.muhanik.com", maka saya akan menaruh linknya pada subheading atau pertengahan artikel saya, bisa anda lihat dibawah ini:



Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly
Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly
- Block kalimat yang ingin anda berikan link, saya sarankan yang mengandung keywords fokus anda, kemudian jadikan subheading seperti gambar diatas dan terkahir berikan link dan masukkan nama situs anda.

f. Buat Internal Link Pada Paragraf Akhir Postingan

Ini dia yang kita tunggu-tunggu yaitu tahap terakhir Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly, yaitu dengan memberikan internal link pada akhir paragraf kita, caranya sama seperti diatas, block dan berikan bold, miringkan dan berikan link alamat situs anda, contohnya seperti ini om:




Selesai sudah optimasi dari Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly, namun jangan lega dulu gan, masih ada yang harus anda tambahkan sebagai pelengkap jika anda ingin artikel adna SEO Friendly di mesin pencari, yaitu dengan menambahkan Outbound link sebanyak 1 atau 2. maksudnya bagaimana ? maksud nya yaitu anda membuat link keluar yang mengarah kesitus lain. Situs lain ini harus situs yang sudah mempunyai reputasi baik seperti wikipedia, situs-situs tua yang rating Nilai DA dan PA nya baik. Disini saya contohkan membuat Outbound link kesitus mas syamsul alam, bisa anda lihat caranya:

Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly
Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly

a. cari kata yang mengandung isi pembahasan artikel anda
b. cari situs besar yang membahas artikel serupa dengan anda, kemudian buka dan copy linknya
c. masukkan link tersebut kesitus anda, dengan cara blok kata yang tadi sudah anda tentukan dan pastekan link yang anda copy tadi

Dengan begitu anda sudah membuat outbound link yang mengarah keluar dari situs anda, cara ini juga sangat bagus untuk optimasi artikel SEO.


Lumayan panjang juga ya share kali ini yang saya bagikan, tapi ngga papa, semoga anda tidak jenuh dengan apa yang sudah saya berikan dan semoga dapat bermanfaat untuk anda semua. Untuk Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly di Wordpress anda bisa menggunakan Plugin SEO By Yoast yang bisa anda gunakan sebagai alat optimasi nilai SEO artikel yang anda buat. Jika menggunakan blogger, anda harus bisa menghafal teknik-teknik menulis dengan baik agar bisa seo di mesin pencari.


Sudah malam nih om saya mulai ngantuk, mungkin sekian dulu saya bagikan tips Cara Menulis Postingan Artikel SEO Friendly di Blogger, selamat praktek dan belajar terus tentang Ilmu SEO. jangan pernah menyerah dan mengeluh sebagai dasar kesuksesan anda, anda harus berani gagal dalam mencoba. Jika anda kurang paham dan masih bingung, insyaallah saya juga akan sertakan video caranya agar bisa lebih dimengerti dan dipraktekkan oleh anda atau anda bisa langsung tanyakan melalui komentar dibawah ini, insyaallah saya akan balas kometar kalian jika saya ada waktu. Salam Semangat Kawan SEO. 





2 comments:

  1. Terlalu banyak internal link kayaknya gk sehat juga gan.
    Apalagi internal link yg kembali ke artikel itu sendiri.
    Tp itu menurut saya.
    Btw, nice article.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya kalo internal link banyak ngga papa gan, asalkan isi kontennya juga seimbang, kalo artikelnya sedikit, internal linknya banyak bisa2 kacau ..hehee

      Delete

Dilarang menaruh link aktif, berikan komentar dengan baik dan bijak agar saya tidak segan-segan mengunjungi situs anda, salam blogger INDONESIA

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia